Kamis, 25 Juni 2015

Penilaian Pembelajaran Menghafal Hadits Sholat Berjama'ah Kelas III



Penilaian
SK                   :
3. Memahami  hadit tentang sholat berjama’ah
KD                  :
3.1. Menghafal hadits tentang sholat berjama’ah  
Indikator         : Menghafal hadits tentang sholat berjama’ah
                           Menerjemahkan hadits tentang sholat berjama’ah

No
Indikator Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
No Butir Soal
1
Menyebutkan terjemahan tentang menyayangi anak yatim tiap kata.

Non Tes
-  Penilaian sikap
-  Hafalan
-  presentasi kelompok
-   Bunyikan hadits tentang shilat berjama’ah ?
-   Susunlah hadits sholat berjama’ah dengan tepat.
Lembar kerja kelompok soal no.1.
2
Meneruskan lafadz hadits tentang menyayangi anak yatim

Non Tes dan Tes
-  Penilaian sikap
-  Hafalan
-  presentasi kelompok
-   tulislah kembali terjemah hadits sholat berjama’ah
Lembar kerja kelompok soal no.2




Lampiran 4

Penilaian Sikap
Nama Siswa
Aspek yang di nilai
Disiplin
Keaktifan
Tanggung jawab
Keterangan
1
2
3
1
2
3
1
2
3


































Kriteria Penilaian
Kriteria
Bagus
Cukup
Kurang
Skor
3
2
1
Disiplin
Kelompok dapat menyelesaikan tepat wakti
Kelompok dapat menyelesaikan LK diberikan  waktu tambahan 
Kelompok dapat menyelesaikan sesudah waktu tambahan belum selesai juga
Keaktifan
Aktif dalam praktek menghafal dengan gerakan, berpendapat, dan gagaasan
Cukup aktif dalam praktek menghafal dengan gerakan, berpendapat, dan gagaasan
Kurang aktif dalam praktek menghafal dengan gerakan, berpendapat, dan gagaasan
Tanggung Jawab
Bertanggung jawab terhadap tugasnya
Cukup bertanggung jawab terhadap tugasnya
Kurang bertanggung jawabterhadap tugasnya

Skor :
Nilai = Skor perolehan  x 100
            Skor maksimal


Lampiran 5.................

Rubrik Hafalan Hadits
No
Nama Siswa
Aspek yan dinilai
Nilai
Penampilan
Bacaan
Hafalan
Irama
Jumlah Skor

















Penskoran
Aspek
Skor
3
2
1
Penampilan
Ekspresif, percaya diri, serta ada kontak mata dengan pendengar
Cukup percaya diri, serta cukup adanya kontak mata dengan pendengar
Belum menunjukkan sikap percaya diri, serta kurang adanaya  kontak mata dengan pe ndengar
Bacaan
Sangat Baik, melafadzkannya secara  tartil sesuai dengan kaidah (makraj. Panjang-pendek)
Melafadzkannya cukup  tartildan sesuai  kaidah (makraj. Panjang-pendek)
Melafadzkannya tidak dengan  sesuai dengan kaidah dan tartil (makraj. Panjang-pendek)
 Hafalan
Hafalan lancar antara hadits dan artinya secara runtut.
Cukup lanca menghafal hadits beserta artinya secara runtut dengan bantuan guru dan temannya
Belum hafal dan lancar menghafal hadits beserta artinya secara runtut
Ketepatan
Antara lafadz dan terjemahnya tepat
Antara lafadz dan terjemahannya 1-5 kali kurang tepat
Antara lafadz dan terjemahannya 5-7 kali kurang tepat
Irama
Berirama
Cukup berirama
Tidak berirama
Lampiran 6....................
Rubrik penilaian kerja kelompok (presentasi)

No
Nama Kelompok
Aspek yang diamati
Jumlah Skor
Nilai
Penampilan
Sistematika Penyampaian
Aspek Bahasa
Penguasaan Materi
1







2








Pedoman Penskoran:
Aspek
Penskoran
3
2
1
Diskusi
Diskusi dengan baik, mengerjakan tugas secara berkelompok dengan  mandiri
Diskusi dengan baik, namun mengerjakan tugas kelompok dengan selalu bertanya pada guru
Diskusi kurang baik, dan tidak bisa mengerjakan tugas kelompoknya
Penampilan
Ekspresif, percaya diri, serta ada kontak mata dengan pendengar
Cukup percaya diri, cukup adanya kontak mata dengan pendengar
Kurang adanya kontak mata dengan pendengar, dan belum menunjukkan sikap percaa diri
Sistematika Penyampaian
Lantang dan mudah dipahami
Cukup keras tetapi kurang bisa dipahami
Suara kurang jelas dan pbahasanya juga tidak bisa dipahami
Penguasaan Materi
Jika jawaban tepat, presentasi lancar
Jawaban kurang tepat, dan presentasi lancar
Jawaban kurang tepat, presentasi juga kurang lancar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar