Penilaian
SK :
3. Memahami
hadit tentang sholat berjama’ah
KD :
3.1. Menghafal hadits tentang sholat berjama’ah
Indikator : Menghafal hadits tentang sholat
berjama’ah
Menerjemahkan hadits tentang sholat berjama’ah
|
No
|
Indikator Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
No Butir Soal
|
|
1
|
Menyebutkan terjemahan tentang
menyayangi anak yatim tiap kata.
|
Non Tes
|
- Penilaian sikap
- Hafalan
- presentasi kelompok
|
-
Bunyikan hadits tentang shilat berjama’ah ?
-
Susunlah hadits sholat berjama’ah dengan tepat.
|
Lembar kerja
kelompok soal no.1.
|
|
2
|
Meneruskan lafadz hadits tentang
menyayangi anak yatim
|
Non Tes dan Tes
|
- Penilaian sikap
- Hafalan
- presentasi kelompok
|
-
tulislah kembali terjemah hadits sholat berjama’ah
|
Lembar kerja
kelompok soal no.2
|
Lampiran
4
Penilaian
Sikap
|
Nama Siswa
|
Aspek yang di nilai
|
|||||||||
|
Disiplin
|
Keaktifan
|
Tanggung jawab
|
Keterangan
|
|||||||
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian
|
Kriteria
|
Bagus
|
Cukup
|
Kurang
|
|
Skor
|
|||
|
3
|
2
|
1
|
|
|
Disiplin
|
Kelompok dapat
menyelesaikan tepat wakti
|
Kelompok dapat
menyelesaikan LK diberikan waktu
tambahan
|
Kelompok dapat
menyelesaikan sesudah waktu tambahan belum selesai juga
|
|
Keaktifan
|
Aktif dalam praktek
menghafal dengan gerakan, berpendapat, dan gagaasan
|
Cukup aktif dalam
praktek menghafal dengan gerakan, berpendapat, dan gagaasan
|
Kurang aktif dalam
praktek menghafal dengan gerakan, berpendapat, dan gagaasan
|
|
Tanggung Jawab
|
Bertanggung jawab
terhadap tugasnya
|
Cukup bertanggung
jawab terhadap tugasnya
|
Kurang bertanggung
jawabterhadap tugasnya
|
Skor :
Nilai = Skor
perolehan x 100
Skor maksimal
Lampiran
5.................
Rubrik
Hafalan Hadits
|
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yan dinilai
|
Nilai
|
||||
|
Penampilan
|
Bacaan
|
Hafalan
|
Irama
|
Jumlah Skor
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penskoran
|
Aspek
|
Skor
|
||
|
3
|
2
|
1
|
|
|
Penampilan
|
Ekspresif, percaya
diri, serta ada kontak mata dengan pendengar
|
Cukup percaya diri,
serta cukup adanya kontak mata dengan pendengar
|
Belum menunjukkan
sikap percaya diri, serta kurang adanaya
kontak mata dengan pe ndengar
|
|
Bacaan
|
Sangat Baik,
melafadzkannya secara tartil sesuai
dengan kaidah (makraj. Panjang-pendek)
|
Melafadzkannya
cukup tartildan sesuai kaidah (makraj. Panjang-pendek)
|
Melafadzkannya
tidak dengan sesuai dengan kaidah dan
tartil (makraj. Panjang-pendek)
|
|
Hafalan
|
Hafalan lancar
antara hadits dan artinya secara runtut.
|
Cukup lanca
menghafal hadits beserta artinya secara runtut dengan bantuan guru dan
temannya
|
Belum hafal dan
lancar menghafal hadits beserta artinya secara runtut
|
|
Ketepatan
|
Antara lafadz dan
terjemahnya tepat
|
Antara lafadz dan
terjemahannya 1-5 kali kurang tepat
|
Antara lafadz dan
terjemahannya 5-7 kali kurang tepat
|
|
Irama
|
Berirama
|
Cukup berirama
|
Tidak berirama
|
Lampiran
6....................
Rubrik
penilaian kerja kelompok (presentasi)
|
No
|
Nama Kelompok
|
Aspek yang diamati
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
|
Penampilan
|
Sistematika Penyampaian
|
Aspek Bahasa
|
Penguasaan Materi
|
||||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman
Penskoran:
|
Aspek
|
Penskoran
|
||
|
3
|
2
|
1
|
|
|
Diskusi
|
Diskusi dengan baik, mengerjakan tugas secara
berkelompok dengan mandiri
|
Diskusi dengan baik, namun mengerjakan tugas
kelompok dengan selalu bertanya pada guru
|
Diskusi kurang baik, dan tidak bisa mengerjakan
tugas kelompoknya
|
|
Penampilan
|
Ekspresif, percaya
diri, serta ada kontak mata dengan pendengar
|
Cukup percaya diri,
cukup adanya kontak mata dengan pendengar
|
Kurang adanya
kontak mata dengan pendengar, dan belum menunjukkan sikap percaa diri
|
|
Sistematika
Penyampaian
|
Lantang dan mudah
dipahami
|
Cukup keras tetapi
kurang bisa dipahami
|
Suara kurang jelas
dan pbahasanya juga tidak bisa dipahami
|
|
Penguasaan Materi
|
Jika jawaban tepat,
presentasi lancar
|
Jawaban kurang
tepat, dan presentasi lancar
|
Jawaban kurang
tepat, presentasi juga kurang lancar
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar