PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : IV (Empat) /
Semester :
2 (dua)
Standar Kompetensi : 7. Memahami
gaya dapat mengubah gerak dan atau bentuk suatu benda
ENERGI DAN PERUBAHANNYA
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
AW
|
Januari
|
Pebruari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
|||||||||||||||||||||||
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
|
7.1 Menyimpulkan
hasil percobaan bahwa gaya (dorongan atau tarikan) dapat mengubah gerak suatu
benda
|
- Membuat daftar berbagai gerak benda
- Mendemonstrasikan cara menggerakkan
benda misalnya didorong dan dilempar
- Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi
gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak dilantai yang datar
karena dorongan
|
Mengubah gerak dan bentuk suatu benda
|
6 JP
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ujian Tengah Semeseter
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Libur Ujian Ma’arif
|
Libur Ujian Sekolah
|
Libur Ujian Nasional
|
Ujian Akhir Semester
|
|
Cadangan
|
Persiapan Penerimaan Raport
|
Libur Semeseter 2
|
Libur Semeseter 2
|
Libur Semeseter 2
|
|
7.2 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan atau
tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda.
|
- Melalui percobaan anak dapat menjelaskan
cara gaya mengubah bentuk/ gerak benda
- memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari
cara gaya mengubah bentuk atau gerak benda
|
|
6 JP
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Harian 1 (UH 1)
|
2JP
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : IV (Empat) /
Semester :
2 (dua))
Standar Kompetensi : 8. Memahami berbagai bentuk energi dan
cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
ENERGI DAN PERUBAHANNYA
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
AW
|
Januari
|
Pebruari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
|||||||||||||||||||||||
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
|
8.1 Mendeskripsikan
energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta
sifat-sifatnya
|
- Menyebutkan sumber-sumber energi panas
misalnya gesekan benda dan matahari
- Mendemon-strasikan adanya perpindahan panas
|
Bentuk energi panas dan penggunaannya
|
4 JP
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.2 Menjelaskan
berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya .
|
- Mencari informasi berbagai sumber energi
alternatif
- Menyebutkan sumber energi alternatif
- Mencari contoh benda-benda yang menggunakan
sumber energi alternatif misalnya mobil bertenaga surya
|
Energi altenatif dan penggunaan-nya
|
4 JP
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
Ujian Tengah Semeseter
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Libur Ujian Ma’arif
|
Libur Ujian Sekolah
|
Libur Ujian Nasional
|
Ujian Akhir Semester
|
|
Cadangan
|
Persiapan Penerimaan Raport
|
Libur Semeseter 2
|
Libur Semeseter 2
|
Libur Semeseter 2
|
|
8.3 Membuat suatu
karya/ model untuk menunjukkan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara,
misalnya roket dari kertas/ baling-baling/ pesawat kertas/ parasut
|
- Merancang karya/ model yang akan dibuat
(roket dari kertas baling-baling/ pesawat kertas atau parasut)
- Menentukan bahan dan alat yang akan
digunakan
- Membuat suatu karya atau model sesuai
rancangan
- Menguji model/ karya yang dibuat dan
disempurnakan
|
Penerapan konsep perubahan gerak akibat pengaruh
udara
|
6 JP
|
|
|
|
|
2
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.4 Menjelaskan
perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik
|
- Menyebutkan alat musik yang ditiup,
petik, dan pukul
- Membedakan bunyi alat-alat musik (suling,
gitar, rebana)
- Memainkan alat-alat musik
|
Perubahan energi gerak menjadi bunyi
|
6 JP
|
|
|
|
|
|
2
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan
Harian (UH) 2
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : IV (Empat)
Semester :
2 (dua)
Standar Kompetensi : 9. Memahami Perubahan Kenampakan
Permukaan Bumi dan Benda langit
BUMI DAN ALAM SEMESTA
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
AW
|
Januari
|
Pebruari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
|||||||||||||||||||||||
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
|
9.1 Mendeskripsikan
perubahan kenampakan bumi
|
- Mengidentifikasikan perubahan daratan
yang disebabkan oleh air, dan udara misalnya perubahan akibat pasang surut
air, badai, erosi, kebakaran
- Menjelaskan pengaruh air laut pasang dan
surut bagi nelayan dan dermaga yang dangkal
|
Perubahan kenampakan bumi
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Libur Ujian Ma’arif
|
Libur Ujian Sekolah
|
Libur Ujian Nasional
|
Ujian Akhir Semester
|
|
Cadangan
|
Persiapan Penerimaan Raport
|
Libur Semeseter 2
|
Libur Semeseter 2
|
Libur Semeseter 2
|
|
9.2 Mendeskripsikan
posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari
|
- Mengidentifikasi kedudukan benda-benda
langit misalnya mengamati penampakan benda-benda langit waktu dan posisi
matahari terbit dan tenggelam penampakan bulan dari hari ke hari
- Menggambarkan berbagai bentuk posisi bulan
- Mencari informasi tentang kedudukan benda
langit
|
Penampakan bulan
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
2
|
Ujian Tengah Semeseter
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan
Harian (UH) 3
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Ujian
Tengah Semester (UTS)
|
6 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : IV (Empat)
Semester :
2 (dua)
Standar Kompetensi : 10.
Memahami Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya Terhadap Daratan
BUMI DAN ALAM SEMESTA
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
AW
|
Januari
|
Pebruari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
|||||||||||||||||||||||
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
|
10.1 Mendeskripsikan
berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya, matahari,
dan gelombang air laut)
|
- Mengidentifikasi berbagai faktor penyebab
perubahan lingkungan fisik
- Menjelaskan pengaruh faktor penyebab
perubahan lingkungan terhadap daratan (angin, hujan, cahaya matahari dan
gelombang laut)
|
Perubahan lingkungan fisik dan prosesnya
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ujian Tengah Semeseter
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
Libur Ujian Ma’arif
|
Libur Ujian Sekolah
|
Libur Ujian Nasional
|
Ujian Akhir Semester
|
|
Cadangan
|
Persiapan Penerimaan Raport
|
Libur Semeseter 2
|
Libur Semeseter 2
|
Libur Semeseter 2
|
|
10.2 Menjelaskan
pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir,
dan longsor)
|
- Mendemonstrasikan proses terjadinya
erosi pada permukaan tanah
- Mengidentifikasi cara mencegah erosi tanah
dan abrasi
- Menjelaskan cara mencegah erosi tanah dan
abrasi
|
Hal-hal yang mempe-ngaruhi daratan
|
6 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.3 Mendeskripsikan
cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
|
- Mendemonstrasikan proses terjadinya
kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir)
- Menjelaskan cara pencegahan kerusakan
lingkungan yang disebabkan erosi
- Menyebutkan cara pencegahan kerusakan
lingkungan yang disebabkan abrasi
- menjelaskan cara pencegahan kerusakan
lingkungan yang disebabkan oleh banjir dan tanah longsor
|
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan
Harian (UH) 4
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : IV (Empat)
Semester :
2 (dua)
Standar Kompetensi : 11.Memahami
hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat
BUMI DAN ALAM SEMESTA
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
AW
|
Januari
|
Pebruari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
||||||||||||||||||||||
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
|
11.1 Menjelaskan
hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
|
- Menjelaskan pengertian sumber daya alam
- Menjelaskan cara mengelola sumber daya alam
|
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.2 Menjelaskan
hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan
|
- Mengidentifikasi hasil teknologi yang
digunakan manusia yang menggunakan sumber daya alam
- Menjelaskan keuntungan dan kerugian yang
ditimbulkan apabila sumber daya alam digunakan tidak bijaksana
- Menjelaskan keuntungan dan kerugian
pengelolaan sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan
|
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ujian Tengah Semeseter
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
Libur Ujian Ma’arif
|
Libur Ujian Sekolah
|
Libur Ujian Nasional
|
Ujian Akhir Semester
|
|
Cadangan
|
Persiapan Penerimaan Raport
|
Libur Semeseter 2
|
Libur Semeseter 2
|
Libur Semeseter 2
|
|
11.3 Menjelaskan
dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan
|
- Menjelaskan tingkat kemudahan pengambilan
hasil laut, sungai, hutan dan tanah tanah galian tanpa pelestarian
- Mengumpulkan informasi tentang terjadinya
bencana alam dan penyebabnya
- Menjelaskan kegiatan manusia yang dapat
mengatasi dampak negatif pengambilan bahan alam
|
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ujian Tengah Semeseter
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
Libur Ujian Ma’arif
|
Libur Ujian Sekolah
|
Libur Ujian Nasional
|
Ujian Akhir Semester
|
|
Cadangan
|
Persiapan Penerimaan Raport
|
Libur Semeseter 2
|
Libur Semeseter 2
|
Libur Semeseter 2
|
|
Ulangan Harian (UH) 5
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Ujian
Akhir Semester
|
6JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Cadangan
|
6JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Guru Pamong
(Achmad Anshori)
NIP.
|
Mengetahui,
Kepala MI Darun Najah
(Drs. H. M. Mas’ud, M.Pd)
NIP
|
Kajeksan, 14 Juni 2015
Guru Praktik
Amaliya Iranty Ningsih
NIM. D07212002
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar