PROGRAM TAHUNAN
(PROTA)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Satuan Pendidikan : MI Darun Najah
Kelas / Semester :
IV / I
Tahun Pelajaran
: 2014 / 2015
|
Smt
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi waktu
|
|
I
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
||
|
1.1
Mendeskripsikan
hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
1.2
Menerapkan
cara memelihara kesehatan kerangka tubuh
1.3
Mendeskripsikan
hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya
1.4
Menerapkan
cara memelihara kesehatan panca indera
|
Rangka dan Panca Indra Manusia
|
4 JP
4 JP
4 JP
4 JP
|
|
|
2.1. Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan
dengan fungsinya
2.2 Menjelaskan hubungan antara
struktur batang tumbuhan dengan fungsinya
2.3 Menjelaskan hubungan antara
struktur daun tumbuhan dengan fungsinya
2.4 Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya
|
Struktur dan Fungsi Tumbuhan
|
4 JP
4 JP
4 JP
4 JP
|
|
|
3.1 Mengidentifikasi jenis
makanan hewan
3.2
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
|
Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis
makanannya
|
4 JP
4 JP
|
|
|
4.1 Mendeskripsikan daur hidup
beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu,
kucing
4.2 Menunjukkan
kepedulian terhadap hewan peliharaan,
misalnya kucing, ayam, ikan
|
daur hidup
beragam jenis makhluk hidup
|
4 JP
4 JP
|
|
|
5.1 Mengidentifikasi beberapa
jenis hubungan khas (simbiosis)
dan hubungan “makan dan
dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan)
5.2 Mendeskripsikan hubungan
antara makhluk hidup dengan lingkungannya
|
Makhluk hidup dan lingkungannya
|
4 JP
4 JP
|
|
|
Benda dan Sifatnya
|
|||
|
6.1
Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat
tertentu
6.2
Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair àpadat à cair; cair à gas à cair; padat à gas
6.3 Menjelaskan hubungan antara sifat bahan
dengan kegunaannya
|
beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan
benda berdasarkan sifatnya
|
6 JP
6 JP
4 JP
|
|
|
Ulangan Harian (UH) 1
|
2 JP
|
||
|
Ulangan Harian (UH) 2
|
2 JP
|
||
|
Ulangan Harian (UH) 3
|
2
|
||
|
Ulangan Harian (UH) 4
|
2
|
||
|
Ulangan Harian (UH) 5
|
2
|
||
|
Ulangan Harian (UH) 6
|
2
|
||
|
Ujian Tengah Semester
|
6 JP
|
||
|
Ujian Akhir Semester
|
6 JP
|
||
|
Cadangan
|
6 JP
|
||
|
Jumlah
|
102 JP
|
||
|
Guru Pamong
(Achmad
Anshori)
NIP.
|
|
Kajeksan, 14 Juni 2015
Guru Praktik
Amaliya Iranty Ningsih
NIM. D07212002
|
|
Mengetahui,
Kepala MI Darun Najah
(Drs. H. M. Mas’ud, M.Pd)
NIP.
|
||
PROGRAM TAHUNAN
(PROTA)
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA)
Satuan Pendidikan : MI Darun Najah
Kelas / Semester :
IV / II
Tahun Pelajaran : 2014 / 2015
|
Smt
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok
|
Alokasi waktu
|
|
II
|
Energi dan Perubahannya
|
||
|
7.1 Menyimpulkan hasil percobaan
bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda
7.2 Menyimpulkan hasil percobaan
bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda
|
Gaya
|
6 JP
6 JP
|
|
|
Energi dan Penggunaannya
|
|||
|
8.1 Mendeskripsikan energi panas
dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya
8.2 Menjelaskan berbagai energi
alternatif dan cara penggunaannya
8.3 Membuat suatu karya/model
untuk menunjukkan perubahan energi
gerak akibat pengaruh udara, misalnya
roket dari kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut
8.4 Menjelaskan perubahan energi
bunyi melalui penggunaan alat music
|
Energi dan Penggunaannya
|
4 JP
4 JP
6 JP
6 JP
|
|
|
Bumi dan Alam Semesta
|
|||
|
9.1 Mendeskripsikan perubahan
kenampakan bumi
9.2 Mendeskripsikan posisi bulan
dan kenampakan bumi dari hari ke hari
|
perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda
langit
|
4 JP
4 JP
|
|
|
Perubahan Lingkungan
|
|||
|
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin,
hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut)
10.2 Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan
(erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
10.3 Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi,
banjir, dan longsor)
|
perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya
terhadap daratan
|
4 JP
6 JP
4 JP
|
|
|
Sumber Daya Alam
|
|||
|
11.1 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
11.2 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang
digunakan
11.3 Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap
pelestarian lingkungan
|
Hubungan antara
sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
|
4 JP
4 JP
4 JP
|
|
|
Ulangan Harian (UH) 1
|
2
|
||
|
Ulangan Harian (UH) 2
|
2
|
||
|
Ulangan Harian (UH) 3
|
2
|
||
|
Ulangan Harian (UH) 4
|
2
|
||
|
Ulangan Harian (UH) 5
|
2
|
||
|
Ujian Tengah Semester
|
6
|
||
|
Ujian Akhir Semester
|
6
|
||
|
Cadangan
|
6
|
||
|
Jumlah
|
108 JP
|
||
|
Guru Pamong
(Achmad
Anshori)
NIP.
|
|
Kajeksan, 14 Juni 2015
Guru Praktik
Amaliya Iranty Ningsih
NIM. D07212002
|
|
Mengetahui,
Kepala MI Darun Najah
(Drs. H. M. Mas’ud, M.Pd)
NIP.
|
||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar