Kamis, 25 Juni 2015

Penilaian Pembelajaran "Perubahan Penampakan Bumi"



SK                   :
 9. Memahami perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit.
KD                   :
9.1. Mendiskripsikan perubahan kenampakan bumi.
Indikator         :
-          Peserta didik mampu menyebutkan apa saja perubahan penampakan bumi.
-          Peserta didik mampu mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan penampakan bumi
-          Peserta didik mampu mendiskripsikan pengaruh dari perubahan kenampakan bumi.

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
-      Peserta didik mampu menyebutkan apa saja perubahan penampakan bumi.

-      Peserta didik mampu mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan penampakan bumi

-      Peserta didik mampu mendiskripsikan pengaruh dari perubahan kenampakan bumi
Tugas Individu





Tugas Kelompok







Tugas Kelompok

Lisan
Tanya jawab




Diskusi








Diskusi



Apa saja perubahan penampakan yang terjadi pada bumi ?


Lembar Kegiatan .......



















Lampiran V........................................
Penilaian Sikap
Nama Siswa
Aspek yang di nilai
Disiplin
Keaktifan
Tanggung jawab
Keterangan
1
2
3
1
2
3
1
2
3






















Kriteria Penilaian
Kriteria
Bagus
Cukup
Kurang
Skor
3
2
1
Disiplin
Kelompok dapat menyelesaikan tepat waktu
Kelompok dapat menyelesaikan LK diberikan  waktu tambahan 
Kelompok dapat menyelesaikan sesudah waktu tambahan belum selesai juga
Keaktifan
Aktif dalam mengemukakan ide berpendapat, dan gagaasan
Cukup aktif dalam mengemukakan ide, berpendapat, dan gagaasan
Kurang aktif dalam mengemukakan ide,  berpendapat, dan gagaasan
Tanggung Jawab
Bertanggung jawab terhadap tugasnya
Cukup bertanggung jawab terhadap tugasnya
Kurang bertanggung jawabterhadap tugasnya

Skor :
Nilai = Skor perolehan  x 100
       Skor maksimal
Lampiran VI..........................................
Rubrik Penguasaan Materi Peserta Didik dalam kelompok
No
Nama Kelompok
Kategori
3
2
1











Keterangan :
3
Jika jawaban benar, sempurna, dan  tepat semua
2
Jika sempurna, tepat namun butuh proses diskusi terlebih dahulu untuk menjawabnya.
1
Jika jawaban belum sempurna, belum benar dan tepat.













Lampiran VII
Rubrik penilaian kerja kelompok (presentasi)
No
Nama Kelompok
Aspek yang diamati
Jumlah Skor
Nilai
Penampilan
Sistematika Penyampaian
Aspek Bahasa
Penguasaan Materi
1







2







Pedoman Penskoran:
Aspek
Penskoran
3
2
1
Diskusi
Diskusi dengan baik, mengerjakan tugas secara berkelompok dengan  mandiri
Diskusi dengan baik, namun mengerjakan tugas kelompok dengan selalu bertanya pada guru
Diskusi kurang baik, dan tidak bisa mengerjakan tugas kelompoknya
Penampilan
Ekspresif, percaya diri, serta ada kontak mata dengan pendengar
Cukup percaya diri, cukup adanya kontak mata dengan pendengar
Kurang adanya kontak mata dengan pendengar, dan belum menunjukkan sikap percaa diri
Sistematika Penyampaian
Lantang dan mudah dipahami
Cukup keras tetapi kurang bisa dipahami
Suara kurang jelas dan pbahasanya juga tidak bisa dipahami
Penguasaan Materi
Jika jawaban tepat, presentasi lancar
Jawaban kurang tepat, dan presentasi lancar
Jawaban kurang tepat, presentasi juga kurang lancar
Nilai = Skor perolehan  x 100
            Skor maksimal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar