SK :
9. Memahami perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit.
KD :
9.1. Mendiskripsikan perubahan
kenampakan bumi.
Indikator :
-
Peserta didik mampu menyebutkan
apa saja perubahan penampakan bumi.
-
Peserta didik mampu
mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan penampakan bumi
-
Peserta didik mampu
mendiskripsikan pengaruh dari perubahan kenampakan bumi.
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
- Peserta didik mampu menyebutkan apa saja perubahan penampakan bumi.
- Peserta didik mampu mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan
penampakan bumi
- Peserta didik mampu mendiskripsikan pengaruh dari perubahan kenampakan
bumi
|
Tugas Individu
Tugas Kelompok
Tugas Kelompok
|
Lisan
Tanya jawab
Diskusi
Diskusi
|
Apa saja perubahan penampakan yang terjadi pada bumi ?
Lembar Kegiatan .......
|
Lampiran V........................................
Penilaian Sikap
|
Nama Siswa
|
Aspek yang di nilai
|
|||||||||
|
Disiplin
|
Keaktifan
|
Tanggung jawab
|
Keterangan
|
|||||||
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria Penilaian
|
Kriteria
|
Bagus
|
Cukup
|
Kurang
|
|
Skor
|
|||
|
3
|
2
|
1
|
|
|
Disiplin
|
Kelompok dapat menyelesaikan
tepat waktu
|
Kelompok dapat
menyelesaikan LK diberikan waktu
tambahan
|
Kelompok dapat
menyelesaikan sesudah waktu tambahan belum selesai juga
|
|
Keaktifan
|
Aktif dalam mengemukakan
ide berpendapat, dan gagaasan
|
Cukup aktif dalam mengemukakan
ide, berpendapat, dan gagaasan
|
Kurang aktif dalam
mengemukakan ide, berpendapat, dan
gagaasan
|
|
Tanggung Jawab
|
Bertanggung jawab
terhadap tugasnya
|
Cukup bertanggung
jawab terhadap tugasnya
|
Kurang bertanggung
jawabterhadap tugasnya
|
Skor :
Nilai = Skor perolehan x 100
Skor maksimal
Lampiran VI..........................................
Rubrik Penguasaan Materi Peserta Didik dalam
kelompok
|
No
|
Nama Kelompok
|
Kategori
|
||
|
3
|
2
|
1
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
|
3
|
Jika jawaban benar, sempurna,
dan tepat semua
|
|
2
|
Jika sempurna, tepat namun
butuh proses diskusi terlebih dahulu untuk menjawabnya.
|
|
1
|
Jika jawaban belum sempurna,
belum benar dan tepat.
|
Lampiran VII
Rubrik penilaian kerja kelompok (presentasi)
|
No
|
Nama Kelompok
|
Aspek yang diamati
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
|
Penampilan
|
Sistematika Penyampaian
|
Aspek Bahasa
|
Penguasaan Materi
|
||||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran:
|
Aspek
|
Penskoran
|
||
|
3
|
2
|
1
|
|
|
Diskusi
|
Diskusi dengan baik, mengerjakan tugas secara
berkelompok dengan mandiri
|
Diskusi dengan baik, namun mengerjakan tugas
kelompok dengan selalu bertanya pada guru
|
Diskusi kurang baik, dan tidak bisa mengerjakan
tugas kelompoknya
|
|
Penampilan
|
Ekspresif, percaya
diri, serta ada kontak mata dengan pendengar
|
Cukup percaya
diri, cukup adanya kontak mata dengan pendengar
|
Kurang adanya
kontak mata dengan pendengar, dan belum menunjukkan sikap percaa diri
|
|
Sistematika
Penyampaian
|
Lantang dan mudah
dipahami
|
Cukup keras tetapi
kurang bisa dipahami
|
Suara kurang jelas
dan pbahasanya juga tidak bisa dipahami
|
|
Penguasaan Materi
|
Jika jawaban
tepat, presentasi lancar
|
Jawaban kurang
tepat, dan presentasi lancar
|
Jawaban kurang
tepat, presentasi juga kurang lancar
|
Nilai = Skor perolehan x 100
Skor maksimal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar