Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan : MI Darun Najah Sidoarjo.
Mata Pelajaran :
Al-Quran Hadits
Kelas/Semester :
III/I
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit (1 pertemuan)
A.
Standart Kompetensi
3. Memahami arti
hadits tentang sholat berjama’ah
B. Kompetensi Dasar
3.1.
Menghafal hadits tentang sholat berjama’ah.
C. Indikator
1. Menghafal hadits tentang sholat
berjama’ah
2. Menerjemahkan hadits tentang
persaudaraan.
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui
model SAVI melafadzkan dan menerjemah
hadits tentang Sholat Berjama’ah menggunakan gerakan tubuh dan bekerja kelompok
peserta didik mampu menghafal hadits tentang sholat berjama’ah beserta
terjemahannya tiap kata dan keseluruhan secara cepat, baik dan benar.
Deskripsi materi
tentang Hadits Sholat Berjama’ah (terlampir
1)
F. Pendekatan/Strategi/Metode
Strategi :Cooperative Learning dan
Quantum Teaching
Model : Quantum Teaching and
Learning tipe SAVI (Somatis, Auditori,
Visual, Intelektual
Metode :
Demonstrasi, penugasan, hafalan
G. Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
|
Metode
|
|
10
Menit
|
PENDAHULUAN
-
Guru
mengondisikan siswa agar tertib, dengan megatur tempat duduk siswa.
-
Guru
memberikan salam peserta didik menjawabnya.
-
Guru
dan peserta didik berdo’a bersama-sama. Dengan mengucap basmalah
-
Guru
menyakan kabar siswa, “Bagaimana kabarnya hari ini anak-anak?” dan peserta
didik menjawab dengan lantang “ Alhamdulillah, Luar Biasa, Allahu Akbar...
Yes.!!”
-
Mengecek
kehadiran peserta didik dan merapikan
pakaiannya.
-
Apersepsi
pelajaran sebelumnya.
Persiapan
-
Guru
mengajak peserta didik untuk bernyanyi
Tema Song : Naik-Naik Kepuncak Gunung
Sayang-sayang adikku sayang
Mari-marilah sholat Satu hari lima kali sujud pada Illahi Satu hari lima kali sujud pada Illahi
Mari-mari, marilah sholat
Lima kali sehari Subuh Dhuhur Asar Maghrib Isya’ kembali ke Shubuh lagi Subuh Dhuhur Asar Maghrib Isya’ kembali ke Shubuh lagi
-
Motivasi
Anak-anak setiap hari kalian sholat? Siapa
yang sholatnya masih ada yang bolong? Siapa sholatnya yang lengkap 5x??????
Biasanya kalau sholat dimasjid apa dirumah yah???? Siapa yang suka sholat
berjama’ah dimasjid???? Pahalanya besar mana sholat sendiri apa
berjama’ah????
-
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup
materi yang akan dipelajari, yaitu menghafal hadits tentang sholat berjama’ah
dengan gerakan dan peserta didik akan dibagi menjadi 2 kelompok untuk menyusun hadits yang telah
dihafal.
|
Demonstrasi
Tanya jawab
Demonstrasi
|
|
50 menit
|
KEGIATAN INTI
Penyampaian
-
Peserta
didik mendengarkan penjelasan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan selama
pembelajaran, yaitu menghafal hadits tentang sholat berjama’ah
-
Peserta
didik melihat dan mendengarkan guru melafadzkan hadits tentang Sholat
Berjama’ah dengan menggunkan gerakan
tubuh yang sesuai dengan terjemahnya. (Auditori, Visual)
Pelatihan
-
Peserta
didik melihat dan menirukan guru melafadzkan hadits tentang sholat
berjama’ah kembali perkata dengan
menggunkan gerakan tubuh yang sesuai dengan terjemahnya. (Somatis,
Auditory, Visual)
-
Pelafalan
diulang beberapa kali sampai peserta didik hafal.
-
Peserta
didik melafadzkan hadits tentang
sholat berjama’ah beserta gerakannya
secara individu dan bergantian.
-
Guru
membagi peserta didik menjadi 2 kelompok.
-
Peserta
didik menyusun teks hadits tentang sholat berjama’ah yang telah diacak dalam
amplop pada lembar kerja yang diberikan oleh guru. (Intelektual)à Terlampir 2
Penampilan Hasil
-
Perwakilan
1 anak untuk menyampaikan hasil jawaban didepan kelas.
-
Siswa
yang lain menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, dan
menyangga)
-
Guru
memberi penguatan terhadap hasil jawaban peserta didik
-
Peserta
didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang hasil diskusi yang belum
mereka mengerti.
-
Guru
dan peserta didik bertanya jawab.
|
Ceramah
Demonstrasi
Hafalan
Penugasan
Penugasan
Tanya jawab
|
|
10 menit
|
PENUTUP
-
Guru
dan peserta didik bernyanyi bersama
Tema song : Panjang Umurnya
Sholat bersama, sholat bersama
Sholat bersama lebih mulia
Lebih mulia, lebih mulia
-
Peserta
didik menyimpulkan materi pembelajaran dengan bimbingan guru
-
Mengadakan
evaluasi (beberapa peserta didik menyampaikan pendapatnya tentang
pembelajaran yang telah berlangsung)
-
Menyampaikan
kegiatan tindak lanjut hadits ini harus tetap hafal sampai minggu depan.
-
Berdo’a
bersama-sama dan guru mengucapkan salam.
|
Demonstrasi
Tanya Jawab
|
H. Sumber Dan Media Pembelajaran
1.
Buku
paket Al-Qur’an Hadits
2.
Lembar Kegiatan
I.
Penilaian. (terlampir 3)
|
Penilaian Non Tes :
|
Penilaian sikap (Terlampir
4)
Rubrik hafalan
individu (terlampir 5)
Rubrik Presentasi
kelompok (terlampir 6)
|
|
Kepala
Sekolah MI
Drs.
M. Mas’ud
NIP:
|
|
Sidoarjo,
19 April 2015
Guru
Praktek
(Amaliya
Iranty Ningsih)
NIM.
D07212002
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar