Kamis, 25 Juni 2015

RPP QURDITS KELAS III



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
 (RPP)

Satuan Pendidikan         : MI Darun  Najah  Sidoarjo.
Mata Pelajaran               : Al-Quran Hadits
Kelas/Semester              : III/I
Alokasi Waktu               : 2 x 35 menit (1 pertemuan)

A.       Standart Kompetensi
3. Memahami arti  hadits tentang sholat berjama’ah

B.       Kompetensi Dasar
3.1.  Menghafal hadits tentang sholat berjama’ah.

C.    Indikator
1.      Menghafal hadits tentang sholat berjama’ah
2.      Menerjemahkan hadits tentang persaudaraan.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui model SAVI  melafadzkan dan menerjemah hadits tentang Sholat Berjama’ah menggunakan gerakan tubuh dan bekerja kelompok peserta didik mampu menghafal hadits tentang sholat berjama’ah beserta terjemahannya tiap kata dan keseluruhan secara cepat, baik dan benar.

E.    Materi Ajar
Deskripsi materi tentang Hadits Sholat Berjama’ah  (terlampir 1)


F.    Pendekatan/Strategi/Metode
Strategi                   :Cooperative Learning dan Quantum Teaching
Model                    : Quantum Teaching and Learning  tipe SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual
Metode                 : Demonstrasi, penugasan, hafalan

G. Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan
Metode
10 Menit
PENDAHULUAN
-          Guru mengondisikan siswa agar tertib, dengan megatur tempat duduk siswa.
-          Guru memberikan salam peserta didik menjawabnya.
-          Guru dan peserta didik berdo’a bersama-sama. Dengan mengucap basmalah
-          Guru menyakan kabar siswa, “Bagaimana kabarnya hari ini anak-anak?” dan peserta didik menjawab dengan lantang “ Alhamdulillah, Luar Biasa, Allahu Akbar... Yes.!!”
-          Mengecek kehadiran peserta didik dan  merapikan pakaiannya.
-          Apersepsi pelajaran sebelumnya.
Persiapan
-          Guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi
Tema Song : Naik-Naik Kepuncak Gunung
Sayang-sayang adikku sayang
Mari-marilah sholat
Satu hari lima kali sujud pada Illahi
Satu hari lima kali sujud pada Illahi

Mari-mari, marilah sholat
Lima kali sehari
Subuh Dhuhur Asar Maghrib
Isya’ kembali ke Shubuh lagi
Subuh Dhuhur Asar Maghrib
Isya’ kembali ke Shubuh lagi

-          Motivasi
Anak-anak setiap hari kalian sholat? Siapa yang sholatnya masih ada yang bolong? Siapa sholatnya yang lengkap 5x?????? Biasanya kalau sholat dimasjid apa dirumah yah???? Siapa yang suka sholat berjama’ah dimasjid???? Pahalanya besar mana sholat sendiri apa berjama’ah????
-          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari, yaitu menghafal hadits tentang sholat berjama’ah dengan gerakan dan peserta didik akan dibagi menjadi  2 kelompok untuk menyusun hadits yang telah dihafal.

Demonstrasi

Tanya jawab



Demonstrasi
50 menit

KEGIATAN INTI
Penyampaian
-          Peserta didik mendengarkan penjelasan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan selama pembelajaran, yaitu menghafal hadits tentang sholat berjama’ah
-          Peserta didik melihat dan mendengarkan guru melafadzkan hadits tentang Sholat Berjama’ah  dengan menggunkan gerakan tubuh yang sesuai dengan terjemahnya. (Auditori, Visual)

Pelatihan
-          Peserta didik melihat dan menirukan guru melafadzkan hadits tentang sholat berjama’ah   kembali perkata dengan menggunkan gerakan tubuh yang sesuai dengan terjemahnya. (Somatis, Auditory, Visual)
-          Pelafalan diulang beberapa kali sampai peserta didik hafal.
-          Peserta didik melafadzkan  hadits tentang sholat berjama’ah beserta gerakannya  secara individu dan bergantian.
-          Guru membagi peserta didik menjadi 2 kelompok.
-          Peserta didik menyusun teks hadits tentang sholat berjama’ah yang telah diacak dalam amplop pada lembar kerja yang diberikan oleh guru.   (Intelektual)à Terlampir 2
Penampilan Hasil
-          Perwakilan 1 anak untuk menyampaikan hasil jawaban didepan kelas. 
-          Siswa yang lain menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, dan menyangga)
-          Guru memberi penguatan terhadap hasil jawaban peserta didik
-          Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang hasil diskusi yang belum mereka mengerti.
-          Guru dan peserta didik bertanya jawab.


Ceramah




Demonstrasi






Hafalan





Penugasan
Penugasan










Tanya jawab



10 menit
PENUTUP
-          Guru dan peserta didik bernyanyi bersama
Tema song : Panjang Umurnya
Sholat bersama, sholat bersama
Sholat bersama lebih mulia
Lebih mulia, lebih mulia
-          Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran dengan bimbingan guru
-          Mengadakan evaluasi (beberapa peserta didik menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah berlangsung)
-          Menyampaikan kegiatan tindak lanjut hadits ini harus tetap hafal sampai minggu depan.
-          Berdo’a bersama-sama dan guru mengucapkan salam.

Demonstrasi




Tanya Jawab

H. Sumber Dan Media Pembelajaran
1.      Buku paket Al-Qur’an Hadits
2.      Lembar Kegiatan

I.          Penilaian.                         (terlampir 3)
Penilaian Non Tes :
Penilaian sikap (Terlampir 4)
Rubrik hafalan individu (terlampir 5)
Rubrik Presentasi kelompok (terlampir 6)



Kepala Sekolah MI


Drs. M. Mas’ud
NIP:

Sidoarjo, 19 April 2015
Guru Praktek


(Amaliya Iranty Ningsih)
NIM. D07212002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar