Kamis, 25 Juni 2015

RPP IPA KELAS V Alat Pencernaan Manusia



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran                   :    Ilmu Pengetahuan Alam
Satuan Pendidikan             :    MIN Ngarang
Kelas/Semester                   :    V/1
Materi Pokok                      :    Alat Pencernaan Manusia, Makanan dan Kesehatan.
AlokasiWaktu                     :  (1 x 35 menit)

A.    Standar Kompetensi     
1.      Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan

B.     Kompetensi Dasar
1.2 Mengidentifikasikan organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan

C.    Indikator
                 -     Menyebutkan alat-alat pencernaan pada manusia
                 -     Menyebutkan fungsi alat pencernaan pada manusia
                 -     Menyebutkan beberapa macam penyakit yang berhubungan dengan pencernaan
                 -     Mengidentifikasi makanan bergizi

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah melihat video, siswa mampu menyebutkan alat-alat pencernaan manusia dengan benar.
2.      Setelah melihat vidio, siswa mampu menyebutkan fungsi alat pencernaan makanan secara urut dengan benar..
3.      Setelah berdiskusi siswa dapat menyebutkan beberapa macam penyakit yang berhubungan dengan pencernaan dengan benar
4.      Setelah berdiskusi siswa dapat mengidentifikasi makanan bergizi dengan tepat

E.     Deskripsi Materi
(Terlampir 1)

F.     MetodePembelajaran
1.      Penugasan
2.      Ceramah
3.      Diskusi
4.      Tanya jawab
5.      Shot card

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1.      Mengondisikan siswa secara fisik dan psikis
2.      Guru memberikan Salam dan berdoa bersama
3.      Guru menanyakan kabar siswa
4.      Mengecek kehadiran Siswa
5.      Guru mengaitkan dengan materi sebelumnya dengan penjelasan bahwa mahluk hidup memiliki ciri-ciri yaitu memerlukan energi.
-          Apa saja ciri-ciri mahluk hidup?
-          Tumbuhan memerlukan energi berupa cahaya, air, dan unsur hara
-          Manusia dan hewan memerlukan energi berupa makanan dan minuman
6.      Guru melakukan apersepsi dengan membangun pengetahuan awal siswa mengenai pencernaan dengan tanya jawab:
-          Siapa yang setiap hari makan?
-          Berapa kali makan dalam sehari?
-          Kenapa manusia harus makan?
-          Bagaimana makanan itu bisa masuk ke tubuh?
7.      Guru menyampaikan materi pokok dan cakupannya yaitu materi “sistem pencernaan manusia” dan yang akan dibahas dalam pembelajaran ini meliputi “organ pencernaan manusia, gizi dalam makanan dan penyakit pada sistem pencernaan”.
8.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai setelah pembelajaran dilaksanakan, yaitu siswa dapat menyebutkan organ-organ pencernaan, siswa dapat  menjelaskan fungsi dari organ pencernaan manusia,  siswa dapat menyebutkan macam-macam penyakit pada organ pencernaan, dan juga siswa dapat mengidentifikasi gizi pada makanan.
9.      Guru menyampaikan rencana kegiatan yaitu siswa akan mengerjakan tugas individu berupa tes esai dan tugas kelompok berupa menggambarkan organ pencernaan manusia..
10.  Guru menyampaikan manfaat yaitu “ penting bagi kita semua mempelajari materi ini, sehingga kalian dapat mengetahui dan menjaga organ pencernaan kita dengan makan-makanan yang bergizi.
11.  Guru memberikan motifas siswa dengan nyanyian
“Organ Pencernaan

Mulut, Kerongkongan, Lambung
Usus halus, Usus besar, Anus.
Itulah organ-organ pencernaan manusia
Mari kita jaga keseharannya”

10 menit
2.
Kegiatan Inti
A.    Eksplorasi
-          Siswa melihat tayangan video proses pencernaan
-          Siswa melihat tayangan  di Power poin yang berisi gambar-gambar organ pencernaan manusia, makanan dan kesehatan.
-          Siswa menanyakan hal-hal yang belum dipahami dalam power poin, dan bacaannya.
B.     Elaborasi
-          Siswa dibagi menjadi 3 kelompok.
-          Siswa mengerjakan lembar kerja tentang organ pencernaan manusia ( Lembar kerja 1)
-          Guru mengawasi dan melakukan bimbingan
-          Siswa bersama kelompoknya berdiskusi
-          Kelompok yang selesai boleh menempelkan hasil kerjanya di papan tempel.
-          Perwakilan kelompok membacakan  hasil diskusinya secara bergantian
-          Siswa mendapat masukan dan penguatan dari guru.
-          Siswa mendapat tugas individu  (lembar kerja 2)
-          Siswa mengerjakan tugas individu secara mandiri.
C.     Konfirmasi
-          Siswa mengoreksi bersama tugas individu dengan bertukar jawaban dengan temannya.
-          Guru memberikan jawaban
-          Siswa mengoreksi sesuai dengan jawaban dari gurunya
-          Guru memanggil satu persatu siswa, dan siswa menyebutkan nilainya.
-          Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan .
-          Siswa menanyakan materi-materi yang belum difahami

60 menit
3.
Penutup
1.      Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran dengan dibantu guru.
2.     Mengadakan refleksi dengan menanyakan apa belajar hari ini menyenangkan? Apa saja yang kalian peroleh dari pelajaran hari ini?
3.    Guru memberi nasihat bahwa hari ini siswa sudah belajar tentang sistem organ perncernaan, sehingga siswa diharap untuk menjaga kesehatan organ pencernaan dan mengkonsumsi makanan yang bergizi.
4.    Menyampaikan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas secara Individu yaitu menuliskan alat pencernaan beserta fungsinya
5.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
10 menit
10    enit

H.    Media Pembelajaran
Papan tulis, kapur, penghapus papan tulis, PPT, Lembar  kerja(terlampir 2) ,gambar tempel

I.       Sumber Belajar
Buku BSE IPA Kelas V, LKS

J.      Penilaian Hasil Pembelajaran
(terlampir 3)


Mengetahui,
Kepala MI Ngarang



...............................................
Sidoarjo, 28 April 2015 

Guru Mata Pelajaran IPA



 ...................................................

1 komentar:

  1. RPP ini sangat bagus karena langkah-langkah kegiatannya cukup jelas.perlu ditampilkan lampirannya di bawah RPP

    BalasHapus