RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA GURU : Amaliya Iranty Ningsih
NAMA SEKOLAH : MI Darun Najah
MATA PELAJARAN : Ilmu
Pengetahuan Alam
KELAS/SEMESTER : IV / II
ALOKASI WAKTU :2 x 35 menit
A. STANDART
KOMPETENSI
9. Memahami perubahan kenampakan permukaan
bumi dan benda langit.
B.
KOMPETENSI DASAR
9.1.
Mendiskripsikan perubahan kenampakan bumi.
C. INDIKATOR
-
Peserta didik mampu menyebutkan
apa saja perubahan penampakan bumi.
-
Peserta didik mampu
mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan penampakan bumi
-
Peserta didik mampu
mendiskripsikan pengaruh dari perubahan kenampakan bumi.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
-
Dengan metode Tanya jawab
pesert didik mampu menyebutkan perubahan
penampakan pada bumi dengan tepat
-
Dengan metode diskusi
memecahkan masalah dalam kelompok peserta didik dapat mengidentifikasi penyebab
terjadinya perubahan penampakan pada bumi secara tepat dan benar
-
Dengan metode diskusi
memecahkan masalah, Tanya jawab dan ceramah peserta didik mampu mendiskripsikan
pengaruh dari terjadinya perubahan
penampakan pada bumi secara baik dan benar.
E. MATERI
-
Perubahan Penampakan Bumi (Terlampir
I)
F.
METODE
PEMBELAJARAN:
Pendekatan
: Pendekatan STM
Strategi : Cooperative Teaching
Model : Pembelajaran Berbasis Masalah
Metode : Tanya Jawab,
pemberian tugas, demonstrasi, dan ceramah
G. MEDIA DAN
SUMBER PEMBELAJARAN
·
Buku tulis, pensil, lembar
kegiatan, power point.(Terlampir II)
·
Buku Sains SD/MI kelas IV
H. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
|
Kegiatan
|
Uraian Kegiatan
|
Metode
|
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
·
Guru Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik
untuk mengikuti proses pembelajaran. (Anak-anak ayow duduk ditempatnya
masing-masing sesuai kelompok yang sudah disepakati kemarin dan di rapikan
tempat duduknya)
·
Guru mengucapkan salam dan peserta didik menjawab
·
Berdoa sebelum memulai kegiatan peserta
didik menundukkan kepala dan mengangkat tangannya.
(membaca Basmalah)
·
Mengabsen kehadiran peserta didik dan memeriksa
kerapian berpakaian peserta didik.
·
Motivasi dan
Apersepsi.
-
Mengkondisikan kelas dengan mengajak peserta didik melakukan senam otak dengan bernyanyi.
(Ikan warna-warni andaikan tanaman siapa
yang meciptakan “Allah”, Langitnya membentang jutaan bintang-bintang siapa
yang menciptakan “Allah”, hanya Allah yang kita sembah Allah Maha pencipta)
-
Anak-anak kalau pagi
enaknya melakukan apa ya??? Kalau
malam???
-
Anak – anak siapa yang
pernah kepantai? Airnya surut apa tidak?
-
Siapa yang pernah
melihat nelayan mencari ikan? Kapan nelayan mencari ikan?
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran yakni memecahkan
masalah tentang terjadinya Perubahan Penampakan pada Bumi.
|
Tanya Jawab
Penugasan
Bernyanyi
Tanya Jawab
Tanya Jawab
Ceramah
|
15 menit
|
|
Inti
|
Eksplorasi
-
Sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, guru dapat meminta kepada peserta
didik untuk mengamati gambar suasana malam dan siang dan pasang surut air
laut.
-
Guru dapat menanyakan:
1.
Pernahkah kalian berfikir kenapa ada siang dan juga ada malam?
2.
Kenapa air laut bisa pasang dan surut? Apa pengaruhnya dalam kehidupan
sehari-hari?
-
Berikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengemukakan pendapatnya. Dalam kegiatan ini
guru tidak akan memberikan konfirmasi apapun terhadap jawaban siswa. Biarkan
siswa memberikan pendapatnya tanpa memberikan pernyataan benar/salah terhadap
jawaban yang diberikan.
-
Anak-anak tadi ibu sudah membagi kelas menjadi 2
kelompok sekarang baca buku paket sains dan diskusikan permasalahan yang ibu
berikan bersama kelompokmu. (Terlampir
III)
·
Kelompok pertama
(tentang terjadinya siang dan malam)
·
Kelompok kedua
(tentang pasang surut air laut)
………………..(lembar kegiatan)
-
Guru memberi kesempatan peserta didik untuk bertanya
jawab tentang hal – hal belum dimengerti dan guru menjawabnya.
Elaborasi
-
Peserta didik berdiskusi untuk memecahkan masalah
tersebut.
-
Guru mendampingi dengan melihat perkembangan diskusi
tiap-tiap kelompok.
-
Peserta didik menyampaikan hasil diskusi didepan kelas.
-
Peserta didik dari kelompok lain menyampaikan pendapat
dari presentasi dan bertanya jawab apa apa yang belum mereka fahami.
-
Kelompok yang presentasi menjawabnya.
Konfirmasi
-
Guru memberi penguatan
terhadap materi yang telah didiskusikan
-
Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan ddan penyimpulan.
|
Demonstrasi
Tanya Jawab
Pemberian
tugas
Tanya Jawab
Diskusi
Presentasi,
Tanya Jawab
Debat
Ceramah
|
40 menit
3
|
|
Penutup
|
·
Guru bersama peserta didik menyimpulkan
bahwaterjadi beberapa factor yang mempengaruhi bumi, seperti pengaruh bulan dapat
terjadinya pasang surut air laut, pengaruh matahari dapat terjadinya siang
dan malam.dan kerusakan lingkungan dapat dicegah dengan memlihara lingkungan
dengan sebaik-baiknya.
·
Guru melakukan refleksi kegiatan dengan
cara meminta peserta didik mengungkapkan perasaan dan pendapatnya.
·
Guru meeri tugas kepada peserta didik untuk membuat
kliping tentang gambargambar perubahan penampakan bumi yang lannya..
·
Berdoa sesudah kegiatan
(membaca hamdalah dan surat al-
Ashr)
|
Ceramah, Tanya
jawab
Tanya Jawab
Pemberian
tugas
|
10 menit
|
I. PENILAIAN (Terlampir IV)
|
Penilaian Non Tes :
|
Penilaian sikap (Terlampir V)
Rubrik Penguasaan Materi peserta didik dalam kelompok (terlampir VI)
Rubrik Presentasi kelompok (terlampir VII)
|
|
Mengetahui,
Kepala MI / SD
.........................................
NIP
|
Surabaya, 07 April 2015
Guru Praktek
Amaliya Iranty Ningsih
NIM. .D07212002
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar