Kamis, 25 Juni 2015

RPP IPA KELAS IV



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

 NAMA GURU                        :  Amaliya Iranty Ningsih
 NAMA SEKOLAH     : MI Darun Najah
MATA PELAJARAN   : Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS/SEMESTER    : IV / II
ALOKASI WAKTU     :2 x 35 menit

A.       STANDART KOMPETENSI
9. Memahami perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit.

B.       KOMPETENSI DASAR
9.1. Mendiskripsikan perubahan kenampakan bumi.

C.       INDIKATOR
-          Peserta didik mampu menyebutkan apa saja perubahan penampakan bumi.
-          Peserta didik mampu mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan penampakan bumi
-          Peserta didik mampu mendiskripsikan pengaruh dari perubahan kenampakan bumi.

D.       TUJUAN PEMBELAJARAN
-          Dengan metode Tanya jawab pesert didik  mampu menyebutkan perubahan penampakan pada bumi dengan tepat
-          Dengan metode diskusi memecahkan masalah dalam kelompok peserta didik dapat mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan penampakan pada bumi secara tepat dan benar
-          Dengan metode diskusi memecahkan masalah, Tanya jawab dan ceramah peserta didik mampu mendiskripsikan pengaruh  dari terjadinya perubahan penampakan pada bumi secara baik dan benar.

E.       MATERI
-          Perubahan Penampakan Bumi (Terlampir I)

F.       METODE  PEMBELAJARAN:
Pendekatan                      : Pendekatan STM
Strategi                   : Cooperative Teaching
Model                    : Pembelajaran Berbasis Masalah
Metode                 : Tanya Jawab, pemberian tugas, demonstrasi, dan ceramah

G.      MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
·      Buku tulis, pensil, lembar kegiatan, power point.(Terlampir II)
·      Buku Sains SD/MI kelas IV

H.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Uraian Kegiatan

Metode
Waktu
Pendahuluan

·      Guru Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran. (Anak-anak ayow duduk ditempatnya masing-masing sesuai kelompok yang sudah disepakati kemarin dan di rapikan tempat duduknya)
·      Guru mengucapkan salam dan peserta didik  menjawab
·      Berdoa sebelum memulai kegiatan peserta didik menundukkan kepala dan mengangkat tangannya.
(membaca Basmalah)
·      Mengabsen kehadiran peserta didik dan memeriksa kerapian berpakaian peserta didik.
·      Motivasi dan Apersepsi.
-          Mengkondisikan kelas dengan mengajak peserta didik melakukan senam otak dengan bernyanyi.
(Ikan warna-warni andaikan tanaman siapa yang meciptakan “Allah”, Langitnya membentang jutaan bintang-bintang siapa yang menciptakan “Allah”, hanya Allah yang kita sembah Allah Maha pencipta)
-          Anak-anak kalau pagi enaknya melakukan  apa ya??? Kalau malam???
-          Anak – anak siapa yang pernah kepantai? Airnya surut apa tidak?
-          Siapa yang pernah melihat nelayan mencari ikan? Kapan nelayan mencari ikan?
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran yakni memecahkan masalah tentang terjadinya Perubahan Penampakan pada Bumi.
Tanya Jawab
Penugasan







Bernyanyi
















Tanya Jawab


Tanya Jawab





Ceramah
15 menit
Inti

Eksplorasi
-          Sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, guru dapat meminta kepada peserta didik untuk mengamati gambar suasana malam dan siang dan pasang surut air laut.
-          Guru dapat menanyakan:
1.      Pernahkah kalian berfikir kenapa ada siang dan juga ada malam?
2.      Kenapa air laut bisa pasang dan surut? Apa pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari?
-          Berikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengemukakan pendapatnya. Dalam kegiatan ini guru tidak akan memberikan konfirmasi apapun terhadap jawaban siswa. Biarkan siswa memberikan pendapatnya tanpa memberikan pernyataan benar/salah terhadap jawaban yang diberikan.
-          Anak-anak tadi ibu sudah membagi kelas menjadi 2 kelompok sekarang baca buku paket sains dan diskusikan permasalahan yang ibu berikan bersama kelompokmu. (Terlampir  III)
·         Kelompok pertama
(tentang terjadinya siang dan malam)
·         Kelompok kedua
(tentang pasang surut air laut)
………………..(lembar kegiatan)
-          Guru memberi kesempatan peserta didik untuk bertanya jawab tentang hal – hal belum dimengerti dan guru menjawabnya.
Elaborasi
-          Peserta didik berdiskusi untuk memecahkan masalah tersebut.
-          Guru mendampingi dengan melihat perkembangan diskusi tiap-tiap kelompok.
-          Peserta didik menyampaikan hasil diskusi didepan kelas.
-          Peserta didik dari kelompok lain menyampaikan pendapat dari presentasi dan bertanya jawab apa apa yang belum mereka fahami.
-          Kelompok yang presentasi menjawabnya.
Konfirmasi
-          Guru memberi penguatan terhadap materi yang telah didiskusikan
-          Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-          Guru  bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan ddan penyimpulan.

Demonstrasi



Tanya Jawab











Pemberian tugas









Tanya Jawab

Diskusi

Presentasi,

Tanya Jawab

Debat


Ceramah 


    40 menit




3





































Penutup
·      Guru bersama peserta didik menyimpulkan bahwaterjadi beberapa factor yang mempengaruhi  bumi, seperti pengaruh bulan dapat terjadinya pasang surut air laut, pengaruh matahari dapat terjadinya siang dan malam.dan kerusakan lingkungan dapat dicegah dengan memlihara lingkungan dengan sebaik-baiknya.
·      Guru melakukan refleksi kegiatan dengan cara meminta peserta didik mengungkapkan perasaan dan pendapatnya.
·      Guru meeri tugas kepada peserta didik untuk membuat kliping tentang gambargambar perubahan penampakan bumi yang lannya..
·      Berdoa sesudah kegiatan
(membaca hamdalah dan surat al- Ashr)
Ceramah, Tanya jawab









Tanya Jawab



Pemberian tugas



 10  menit





I.     PENILAIAN (Terlampir IV)
Penilaian Non Tes :
Penilaian sikap (Terlampir V)
Rubrik Penguasaan Materi peserta didik  dalam kelompok  (terlampir VI)
Rubrik Presentasi kelompok (terlampir VII)

Mengetahui,
Kepala MI / SD




.........................................
NIP
Surabaya, 07 April 2015
Guru Praktek




Amaliya Iranty Ningsih
NIM. .D07212002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar