RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Satuan Pendidikan : MIN Ngarang
Kelas/Semester : V/1
Materi Pokok : Alat
Pencernaan Manusia, Makanan dan Kesehatan.
AlokasiWaktu : (1 x
35 menit)
A. Standar
Kompetensi
1.
Mengidentifikasi
fungsi organ tubuh manusia dan hewan
B. Kompetensi
Dasar
1.2 Mengidentifikasikan organ
pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan
C. Indikator
- Menyebutkan alat-alat pencernaan pada manusia
- Menyebutkan fungsi alat pencernaan pada manusia
- Menyebutkan beberapa macam penyakit yang berhubungan dengan
pencernaan
- Mengidentifikasi makanan bergizi
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah melihat video, siswa mampu
menyebutkan alat-alat pencernaan manusia dengan benar.
2.
Setelah melihat vidio, siswa mampu
menyebutkan fungsi alat pencernaan makanan secara urut dengan benar..
3.
Setelah berdiskusi siswa dapat menyebutkan beberapa macam penyakit yang berhubungan dengan
pencernaan dengan benar
4.
Setelah berdiskusi siswa dapat mengidentifikasi makanan bergizi dengan tepat
E. Deskripsi Materi
(Terlampir 1)
F.
MetodePembelajaran
1.
Penugasan
2.
Ceramah
3.
Diskusi
4.
Tanya jawab
5.
Shot card
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
|
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
1.
|
Pendahuluan
1. Mengondisikan siswa secara fisik dan
psikis
2. Guru memberikan Salam dan berdoa
bersama
3. Guru menanyakan kabar siswa
4. Mengecek kehadiran Siswa
5. Guru mengaitkan dengan materi
sebelumnya dengan penjelasan bahwa mahluk hidup memiliki ciri-ciri yaitu
memerlukan energi.
-
Apa
saja ciri-ciri mahluk hidup?
-
Tumbuhan
memerlukan energi berupa cahaya, air, dan unsur hara
-
Manusia
dan hewan memerlukan energi berupa makanan dan minuman
6. Guru melakukan apersepsi dengan membangun
pengetahuan awal siswa mengenai pencernaan dengan tanya jawab:
-
Siapa yang setiap hari makan?
-
Berapa kali makan dalam sehari?
-
Kenapa manusia harus makan?
-
Bagaimana makanan itu bisa masuk ke tubuh?
7. Guru menyampaikan
materi pokok dan cakupannya yaitu materi “sistem pencernaan manusia” dan yang akan
dibahas dalam pembelajaran ini meliputi “organ pencernaan manusia, gizi dalam
makanan dan penyakit pada sistem pencernaan”.
8. Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang hendak dicapai setelah pembelajaran dilaksanakan, yaitu siswa
dapat menyebutkan organ-organ pencernaan, siswa dapat menjelaskan fungsi dari organ pencernaan
manusia, siswa dapat menyebutkan
macam-macam penyakit pada organ pencernaan, dan juga siswa dapat
mengidentifikasi gizi pada makanan.
9. Guru menyampaikan rencana kegiatan yaitu siswa akan mengerjakan tugas
individu berupa tes esai dan tugas kelompok berupa menggambarkan organ
pencernaan manusia..
10. Guru menyampaikan manfaat yaitu “
penting bagi kita semua mempelajari materi ini, sehingga kalian dapat
mengetahui dan menjaga organ pencernaan kita dengan makan-makanan yang
bergizi.
11. Guru memberikan motifas siswa
dengan nyanyian
“Organ Pencernaan
Mulut, Kerongkongan, Lambung
Usus halus, Usus besar, Anus.
Itulah organ-organ pencernaan manusia
Mari kita jaga keseharannya”
|
10 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
A.
Eksplorasi
-
Siswa melihat tayangan
video proses pencernaan
-
Siswa melihat tayangan di Power poin yang berisi gambar-gambar
organ pencernaan manusia, makanan dan kesehatan.
-
Siswa menanyakan hal-hal
yang belum dipahami dalam power poin, dan bacaannya.
B.
Elaborasi
-
Siswa dibagi menjadi 3 kelompok.
-
Siswa mengerjakan lembar
kerja tentang organ pencernaan manusia ( Lembar kerja 1)
-
Guru mengawasi dan
melakukan bimbingan
-
Siswa bersama kelompoknya
berdiskusi
-
Kelompok yang selesai
boleh menempelkan hasil kerjanya di papan tempel.
-
Perwakilan kelompok
membacakan hasil diskusinya secara
bergantian
-
Siswa mendapat masukan dan
penguatan dari guru.
-
Siswa mendapat tugas
individu (lembar kerja 2)
-
Siswa mengerjakan tugas
individu secara mandiri.
C.
Konfirmasi
-
Siswa mengoreksi bersama
tugas individu dengan bertukar jawaban dengan temannya.
-
Guru memberikan jawaban
-
Siswa mengoreksi sesuai
dengan jawaban dari gurunya
-
Guru memanggil satu
persatu siswa, dan siswa menyebutkan nilainya.
-
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan .
-
Siswa menanyakan
materi-materi yang belum difahami
|
60 menit
|
|
3.
|
Penutup
1.
Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran dengan dibantu guru.
2. Mengadakan refleksi dengan menanyakan apa
belajar hari ini menyenangkan? Apa saja yang kalian peroleh dari pelajaran
hari ini?
3. Guru
memberi nasihat bahwa hari ini siswa sudah belajar tentang sistem organ
perncernaan, sehingga siswa diharap untuk menjaga kesehatan organ pencernaan
dan mengkonsumsi makanan yang bergizi.
4. Menyampaikan kegiatan tindak lanjut
dengan memberikan tugas secara Individu yaitu menuliskan alat pencernaan
beserta fungsinya
5.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
10
enit
|
H.
Media Pembelajaran
Papan tulis, kapur, penghapus papan tulis,
PPT, Lembar kerja(terlampir 2) ,gambar
tempel
I.
Sumber Belajar
Buku BSE IPA Kelas V, LKS
J.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
(terlampir 3)
|
Mengetahui,
Kepala MI Ngarang
...............................................
|
Sidoarjo,
28 April 2015
Guru
Mata Pelajaran IPA
...................................................
|
RPP ini sangat bagus karena langkah-langkah kegiatannya cukup jelas.perlu ditampilkan lampirannya di bawah RPP
BalasHapus